Hubungan

Cara menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis

Cara menjaga hubungan suami istri tetap harmonis sangat perlu dilakukan oleh pasangan suami istri agar tetap mesra dan harmonis. Menjalani pernikahan adalah menyatukan dua kepala dengan pribadi, latar belakang dan sifat yang berbeda. Oleh karena itu, pernikahan bukanlah hal yang sepele dan mudah untuk dijalani. Di awal-awal pernikahan pastilah semua terlihat indah dan kemesraan masih selalu terjalin di antara suami dan istri. Namun semakin lama, pribadi masing-masing akan semakin terbuka dan bukan tidak mungkin menjadikan perselisihan atau masalah.

Yang menjadi tantangannya adalah dapatkan kemesraan dan harmonis antara suami dan istri dapat terus terjalin tanpa lekang oleh waktu? Jawabannya adalah bisa dengan melakukan beberapa cara pada penjelasan selanjutnya.

Artikel Terkait: Tips Agar Hubungan Suami Istri Lebih Harmonis

Tidak mesra dan harmonisnya hubungan suami dan istri bukan tidak mungkin dapat menyebabkan masalah hingga keretakan yang berujung pada perpisahan. Oleh karena itu, bagi suami istri sangatlah perlu melakukan cara dan tips menjaga hubungan suami istri tetap harmonis berikut ini:

  • Hindari Bersikap Egois
    Cara pertama dalam menjaga keharmonisan suami dan istri yang menjadi syarat utama dalam membangun keluarga yang bahagia juga harmonis adalah tidak bersikap egois. Egois merupakan sifat buruk utama yang menyebabkan jalinan harmonisnya suami istri menjadi renggang. Selalu ingin diperhatikan, selalu merasa benar, ingin menang sendiri, selalu ingin dimengerti tanpa melakukan hal-hal sebaliknya terhadap pasangan akan membuat pasangan bertahan untuk melanjutkan hubungan.
  • Jangan Suka Membanding-bandingkan Pasangan
    Hal yang sangat sering dilakukan oleh suami ataupun istri tanpa mengetahui jika sebenarnya hal tersebut sangat sensitif adalah membanding-bandingkan suami atau istri dengan orang lain. Meskipun tujuannya untuk membuat pasangan berubah menjadi lebih baik, namun langkah ini sangat salah kaprah. Pasangan justru akan merasa berkecil hati dan tersinggung dan membuat asumsi bahwa Anda tidak menghargai dirinya.
  • Hindari Sifat Terlalu Over Protektif
    Bukan karena rasa sayang dan cinta yang besar kemudian Anda dapat menguasai seluruh aktifitas pasangan Anda termasuk mengatur gerak geriknya. Meskipun alasannya adalah untuk melindungi pasangan, namun ternyata langkah ini justru menjadi penyebab hubungan suami istri tidak harmonis dengan skala yang besar. Pasangan justru akan merasa terintimidasi dan terkekang. Hal tak terduga justru bisa dilakukan oleh pasangan yang dikekang berlebihan seperti mencari kesenangan dengan pihak ketiga atau yang lainnya.
  • Selalu Jujur dan Terbuka
    Selalu jujur dan terbuka antara suami dan istri juga sangat diperlukan untuk membangun keharmonisan keluarga. Dengan saling terbuka dan membicarakan semua hal pada pasangan justru akan membuat kedekatan semakin terjalin dan membuat kedua belah pihak merasa nyaman dan selalu tenteram karena semua masalah dapat dipecahkan bersama-sama.
  • Menjalin Komunikasi yang Sehat
    Selalu terbuka setiap ada masalah atau hal kecil sekalipun juga merupakan langkah dalam membangun komunikasi yang sehat di antara suami dan istri. Kedua belah pihak baik suami ataupun istri menjadi selalu diprioritaskan dan menduduki posisi penting di hati dan kehidupan pasangannya jika komunikasi yang sehat dan lancar selalu terjalin.
  • Merasa Ditolak Saat Mengajak Berhubungan Intim
    Kebutuhan seksual merupakan salah satu kebutuhan bagi suami maupun istri. Baik suami ataupun istri sebaiknya mampu mengerti saat pasangannya sedang bergairah dan menginginkan hubungan seksual. Penolakan denga cara yang tidak benar ketika diajak berhubungan intim ternyata juga merupakan salah satu penyebab retaknya biduk rumah tangga suami istri. Sebisa mungkin pahami tentang hal ini dengan adil dan bijak.
  • Menjaga Romantisme
    Romatisme dapat dibangun tiak selalu dengan mencium atau merayu pasangan. Masing-masing pasangan mempunyai sisi romantisme tersendiri dan tidak melulu harus berhubungan dengan seksualitas. Menjaga jalinan romantisme juga merupakan cara mesra suami istri yang dapat membuat rumah tangga berjalan langgeng. Dengan memberikan kado kecil seperti bunga, kecupan di kening, bersandar di bahu atau dipangkuan dan hal-hal kecil lainnya sudah merupakan wujud romatisme yang akan membuat pasangan merasa bahagia dan lebih diprioritaskan.
  • Selalu Menjaga Nama Baik Pasangan
    Cara yang terakhir yang dapat dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri adalah dengan selalu menjaga nama baik masing-masing pasangan. Simpan sendiri aib istri maupun suami dan jangan samai dicerita-ceritakan kepada teman atau pihak lain. Ingat, suami ataupun istri bukanlah orang lain, aib mereka adalah aib sendiri.

Demikianlah beberapa tips dan cara menjaga hubungan suami istri tetap harmonis. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk anda dan pasangan anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *